Sejarah
-
1957
Diresmikan Presiden Soekarno, tanggal 7 Agustus 1957. Kapasitas terpasang 250.000 ton per tahun.
-
1991
Juli 1991, saham perdana di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES) dengan kode SMGR. Kapasitas terpasang 1.8 juta ton per tahun. -
1995
Akuisisi PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa. Kapasitas terpasang 8,5 juta ton per tahun. -
1998
Cemex menjadi strategic partner dengan membeli 14% saham SMGR. Kapasitas terpasang SMGR,10 juta ton per tahun. -
1999
Cemex meningkatkan kepemilikan saham SMGR menjadi 26%. -
2006
Juli 2006, Blue Valley Holdings PTE Ltd. membeli 26% saham SMGR milik Cemex. Kapasitas terpasang SMGR 16.8 juta ton per tahun. -
2012
SMGR mengakuisisi PT Thang Long Cement Company (TLCC) dari Geleximco. Kapasitas terpasang TLCC sebesar 2,3 juta ton per tahun. -
2013
Pada 7 Januari, bertransformasi menjadi strategic holding PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. -
2019
Pada 31 Januari, SMGR mengambil alih 80,64% Holderfin B.V. di PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB). Kapasitas terpasang SMCB. 15 juta ton per tahun. Pada 11 Februari PT Holcim Indonesia Tbk berubah nama menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.
-
2020
We are Now the Solution Provider
SIG Ingin menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi bahan bangunan yang inovatif, terbaru dan bernilai tambah di kancah regional.
Pada 11 Februari 2020, perubahan merek perusahaan Semen Indonesia menjadi SIG. Sejalan dengan visi perusahaan, SIG terus berupaya menjadi yang terdepan dalam menciptakan kehidupan berkelanjutan (sustainability), mendorong pemberdayaan (empowerment), serta mengadopsi teknologi digital (digitalization) untuk menyediakan produk dan jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen.
-
2022
Pada 19 Desember 2022, Pemerintah Indonesia resmi melakukan inbreng saham dengan mengalihkan kepemilikan saham di PT Semen Baturaja ke SIG. Hal ini merupakan kelanjutan Program Integrasi BUMN Sub Klaster Semen melalui proses Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD), menjadikan status PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. resmi menjadi bagian dari SIG.
"Melalui tagline Go Beyond Next, SIG menyalurkan semangat bertumbuh, menjalankan inovasi dan menyampaikan manfaat yang memperhatikan aspek sustainable living , demi menciptakan kualitas kehidupan lebih baik saat ini dan semakin baik di masa mendatang."
Bagikan laman ini